Webinar Lidig : Pendidikan Keagamaan dan Dunia Digital

Pembicara & Peserta Webiner Lidig di Kab. Bungo


MUARA BUNGO – Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia bersama Siber Kreasi kembali menggelar event webinar literasi digital di Kabupaten Bungo. Selasa 31 Agustus 2021. Webinar Literasi Digital kali ini di ikuti oleh para santri, remaja mesjid dan mahasiswa.

Tema webinar kali ini mengusung "Pendidikan Keagamaan dan Dunia Digital" yang di isi oleh 4 pembicara, diantaranya dua pembicara nasional, yakni  Dr Nandang Koswara, Dosen Program Doktoral, Pendakwah dan Rasid, S.Sos.I., M.A., M.Ud. Editor Jurnal Kommunity Online Fakultas Dakwah UIN Jakarta.

Dalam penyampaiannya, pemateri pertama Dr Nandang Koswara menyampaikan. Kecakapan digital harus di barengi dengan nilai-nilai keagamaan, di mana norma menjadi sangat penting menjadi pegangan di tengah kemajuan tekhnologi.

Sementara narasumber ke dua, Rasid, S.Sos.I., M.A., M.Ud mengatakan. Perkembangan dunia digital hari ini tidak di pungkiri juga masuk ke wilayah keagamaan, banyak informasi yang baik maupun sebaliknya di media digital yang memerlukan kehati-hatian umat dalam mengonsumsi informasi tersebut.

Beranjak ke pemateri lokal di mana di isi oleh Dr. H. M Zaki, M.PIR., MA, Dosen IAI Yasni Muara Bungo, dan Muhammad Asman, SE., MM, Dosen Universitas Muara Bungo. Dua pemateri ini membahan tentang etika dan budaya digital.

Pemateri ke tiga, Dr. H. M Zaki, M.PIR., MA, mengatakan. Program yang di lakukan Kementerian Kominfo RI ini sangat baik bagi masyarakat dalam memenuhi kecakapan bermedia digital, terutama tentang etika di dunia digital. 

Narasumber ke empat, Muhammad Asman mengatakan. Kemajuan tekhnologi sudah masuk ke segala sendi kehidupan manusia. Tidak hanya belajar melalui media tekhnologi digital, belanja bahkan produk jasa pun sudah memanfaatkan tekhnologi. Budaya digital ini juga harus di barengi dengan penguatan norma umat agar media digital mampu memberikan kemaslahatan bagi umat.

Webinar kali ini di moderatori oleh Muhammad Habib Hidayatullah, dengan Key Opinion Leader luluelhasbu (Owner Elhasbu Fashion, Spoke Person Wardah Beauty). Kementerian Kominfo RI akan kembali menggelar webinar literasi digital di Kabupaten Bungo pada 04 September 2021, berikut link pendaftaran webinar Literasi Digital 4 September 2021 :

https://s.id/lidigbungo4september

Reporter : Masri